godaan menjelang pernikahan

5 Godaan Menjelang Pernikahan Yang Kerap Dihadapi Pasangan Muda

Hari pernikahan merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu sebagai pasangan muda yang menjelang menikah. Hari yang telah disiapkan matang jauh-jauh hari ini menjadi momen sekali seumur hidup bagi setiap pasangan muda. Namun sayangnya tak jarang berbagai konflik dan godaan menjelang pernikahan kerap hadir menjadi bumbu-bumbu romansa. Godaan menjelang pernikahan beragam motifnya mulai dari permasalahan sepele hingga masalah besar. Bahkan terkadang ada lho yang sampai gagal menikah gara-gara gagal dalam menghadapi godaan menjelang pernikahan.

Tentunya kamu dan pasangan tak menginginkan hal tersebut terjadi bukan? Masalah memang tidak selamanya bisa dihindari, kita terkadang hanya bisa melakukan manajemen pikiran dan emosi agar tidak berkecamuk dan meledak menjadi permasalahan yang lebih besar. Berikut adalah beberapa contoh godaan menjelang pernikahan yang biasa dihadapi oleh pasangan muda, simak yuk!

  1. Perihal Masa Lalu

Sebelum menjalin hubungan dengan pasangan kita sekarang, tentu baik kamu dan dia telah memiliki masa lalu masing-masing. Entah manis atau pahit, setiap orang memiliki latar belakang dan masa lalu yang beragam. Masa lalu disini bisa tentang pergaulan kita di masa lampau, mantan atau gebetan sebelum bertemu pasangan, dan konflik di masa lalu.

Perlu bijaksana dalam menyikapi hal ini, dimana kita harus menyadari bahwa ketika kita memilih pasangan artinya kita menginginkan hidup bersamanya di masa depan. Sehingga, masa lalunya hanyalah halaman lampau dia dan hidupnya. Lagian kita harus menerima pasangan kita satu paket dengan masa lalunya karena keduanya tak mungkin dipisahkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah hindari membahas atau mengungkit masa lalu baik milik pasangan atau permasalahan kalian berdua. Cukup jadikan masa lalu sebagai pembelajaran menghadapi masa depan yang lebih baik. Serta tak kalah penting adalah menumbuhkan penerimaan dan kepercayaan terhadap pasangan.

  1. Masalah Keuangan

Tentu tidak bisa dipungkiri dalam mempersiapkan pernikahan dan rumah tangga akan membutuhkan diskusi terkait keuangan. Mulai dari biaya pernikahan dan persiapannya, tempat tinggal pasca menikah, kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Belum lagi jika kamu maupun pasangan dihadapkan dengan kondisi sandwich generation. Dimana kamu dan dia memiliki tanggungan untuk menghidupi kebutuhan orang tua atau bahkan juga saudara setiap harinya.

Masalah keuangan seringkali menjadi masalah besar bahkan berujung perpisahan. Bijak-bijaklah dalam mengatur hal ini bersama pasangan. Kuncinya adalah komunikasi dan keterbukaan. Pasangan kamu harus mengetahui dan memahami kondisi keuanganmu. Ingat, gagal komunikasi itu akar dari berbagai permasalahan lho!

  1. Masalah Keluarga

Hal selanjutnya yang kerap menjadi godaan menjelang pernikahan ialah masalah kedua keluarga yang tidak bisa menemukan kata sepakat. Bisa masalah restu, masalah tanggal baik untuk menikah, hingga tema resepsi dan jumlah undangan. Wah kompleks ya? Ya, benar sekali. Pada dasarnya memang menikah itu menggabungkan dua keluarga bukan hanya antara kamu dan dia saja.

Masalahnya, jika hal ini tidak ditangani dengan baik di awal akan berpotensi menjadi masalah atau dendam terpendam antara kedua belah pihak. Sehingga akan berdampak negatif juga untuk keharmonisan hubungan kalian.

  1. Bertengkar dengan Pasangan

Mempersiapkan pernikahan memang rawan dilanda stress. Baik karena persiapan yang ribet, komunikasi berantakan, rasa lelah, dan masih banyak lainnya. Bahkan godaan menjelang pernikahan bisa datang dari masalah kecil sekalipun. Hal kecil saja, bisa memicu pertengkaran hebat di antara kalian jika sedang sama-sama kesulut emosi.

Solusinya, selalu bersikap tenang dan tidak meluapkan emosi, serta jaga komunikasi yang baik dengan pasangan agar setiap masalah yang ada menemukan jalan keluar terbaik. Bila kalian dan pasangan sedang dirundung emosi, lebih baik menjaga jarak dan tak perlu bicara sementara waktu, daripada sikap dan omongan kita tidak terkontrol.

  1. Perasaan Ragu

Keraguan yang muncul pada pasangan menjelang pernikahan adalah hal yang umum terjadi. Keraguan ini bisa muncul dari mana saja dan penyebabnya pun juga beragam. Apakah dia orang yang tepat untukku? Apakah aku tidak akan menyesal memilihnya jadi pasangan hidup? Bagaimana kalau nanti hidupku tak bisa bebas seperti sebelumnya? Dan masih banyak lagi ragam pertanyaan keraguan yang kerap menghantui.

Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berkomunikasi dengan pasangan, mengenai ketakutan dan keraguan yang muncul dalam dirimu sebelum menikah. Dengan mengkomunikan bersama pasangan, harapannya kalian akan menemukan ketenangan dan kekuatan dalam menghadapi semua hal satu sama lain hingga kedepannya.

Itulah 5 godaan menjelang pernikahan yang kerap sekali dihadapi pasangan mudah. Memang tak semua pasangan akan menghadapi hal ini, tapi demi menjaga keharmonisan hubungan, alangkah baiknya kamu bersiap-siap dalam menjaga dan mengontrol emosi selama menjelang pernikahan. Sebab fase ini memang sangat rawan terjadi konflik. Jadi, tetap tenang dan bijak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.